100% GRATIS NOVEL KARANGAN ALBERT CAMUS

100% GRATIS NOVEL KARANGAN ALBERT CAMUS

ORANG - ORANG TERBUNGKAM


Orang-Orang Terbungkam memang bercerita tentang orang-orang tertindas. Keterbungkaman mereka karena kondisi keadaan yang tidak memungkinkan lagi mereka berbuat apapun, kecuali menerima keadaan.

Buku yang berisi kumpulan setengah lusin cerita pendek ini melukiskan orang-orang “sakit” yang berselisih dengan dunia di sekitar mereka. Seorang istri yang hanya bisa pasrah bermalam di gurun dan akhirnya mengkhianati suaminya. Seorang seniman yang berjuang untuk menghormati cita-citanya sendiri sebagaimana ekspektasi masyarakat terhadap dirinya. Seorang pendeta yang secara brutal dipaksa untuk menyembah berhala sebuah suku. Meski gambaran cerita-cerita ini ber-setting Afrika Utara, Paris, atau Brazil, kisah-kisah dalam buku ini sesungguhnya sedang menggali potret pengasingan spiritual dan pencarian abadi manusia kepada sebuah kerajaan batin di mana dia dilahirkan kembali. Karya ini menampilkan Camus di puncak kekuatan artistiknya.


ORANG ASING


“Novel ini pertama-tama terkenal sebagai perwujudan dari pemikiran Albert Camus tentang filsafat absurd yang telah ditulisnya sebelum itu, dalam bentuk kumpulan esei berjudul Le Mythe de Sysiphe. Absurd adalah suatu pandangan hidup yang khas, bisa dikatakan tropis, yang hanya mungkin digagas oleh orang eropa, atau orang Barat pada umumnya, yang pernah tinggal di negara tr0pis. (Pembaca Indonesia akan segera mengenali kecenderungan manusia tropis dalam novel ini, yang eksotik bagi pembaca Barat) Sebagaimana diketahui Alberd Camus memang lahir di Mondovi pada tahun 1913 dan dibesarkan di Aljazair. Dari novel ini lahir ungkapan bahwa “La vie ne vaut pas la peine d'être vécue”, hidup tak layak dijalani, tentu dalam kaitan dengan absurditas kematian di mata Barat. Kebesaran manusia absurd terletak pada kesadarannya yang jernih atas kondisi hidupnya.”

– Prof. Apsanti Djokosujatno, Guru Besar FIB UI.


KLIK JUDUL NOVEL UNTUK MENDOWNLOAD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

100% GRATIS NOVEL KARANGAN TERE LIYE

100% GRATIS NOVEL KARANGAN JOSTEIN GAARDER

100% GRATIS EBOOK RAHASIA TRAFFIC MELIMPAH